SEMANGAT: Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Waru meninjau pelaksanaan MPLS 2020 yang digelar secara daring (Foto: Rasidi/suryaMU)

PAMEKASAN, SuryaMU – SMA Negeri 1 Waru Pamekasan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada siswa baru secara online, Selasa (14/07).

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun untuk memulai tahun pelajaran baru. Namun kali ini, pelaksanaan MPLS di SMA Negeri 1 Waru Pamekasan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 memaksa pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan ini dengan mode Dalam Jaringan (Daring) untuk memutus penyebaran virus corona. Zona merah dan trend peningkatan penularan covid-19 di wilayah Jawa Timur menjadi alasan pengambilan kebijakan ini.

“Peningkatan trend penularan covid-19 di Jawa Timur dan arahan dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Pamekasan menjadi dasar kebijakan ini, kita harus mentaati protokol kesehatan untuk memutus cluster baru penularan virus corona,” tutur Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Waru, Moh. Wardi,S.Pd.

“Pelaksanaan kegiatan secara daring khusus MPLS dimulai tanggal 13 sampai tanggal 15 Juli 2020. Sementara, untuk pembelajaran secara keseluruhan direncanakan mulai tanggal 16 Juli sampai bulan Agustus, selebihnya nanti akan dievaluasi kembali apakah ada trend penurunan kasus covid-19, atau malah semakin meningkat. Kondisi ini akan menjadi pijakan pengambilan keputusan selanjutnya,” imbuh kepala sekolah yang berpenampilan kalem ini.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2020 di SMA Negeri 1 Waru diikuti oleh 116 peserta didik baru. Mereka diperkenalkan terhadap kondisi baru dan tata cara belajar di SMA Negeri 1 Waru. “Tujuan dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru agar mereka mengenal lingkungan  sekolah, cara belajar dan bagaimana cara mereka bersikap ketika bergabung dengan civitas academika SMAN 1 Waru,” ujar Moh. Rusdi, M.PdI selaku ketua Panitia dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. “Kegiatan MPLS 2020 di SMA Negeri 1 Waru tidak semuanya berbentuk Dalam Jaringan (Daring) tetapi juga dalam moda Luar Jaringan (Luring)” imbuh Rusdi. “Selama masih bisa dilaksanakan secara luring, kami gunakan moda ini karena tidak terlalu memberatkan peserta,”ulasnya.

Perlu diketahui moda luring lebih murah ditinjau dari konsumsi data internet, dan tentunya lebih mudah dalam pengoperasiaanya seperti penggunaan Whatsap dan Telegram karena sudah menjadi aplikasi populer yang sering digunakan oleh mereka.

 

Pewarta : Rasidi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here