Dinkes Pamekasan Berantas DBD dengan 3M Plus
Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Sri Astuti.(Foto:Soleh/SURYAMU.COM)

PAMEKASAN-SURYAMU.COM.Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan mengajak seluruh masyarakat di Bumi gerbang salam untuk melakukan gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan 3M Plus. Senin (13/1/2020).

Plt Kadinkes Pamekasan, Farid Anwar melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Sri Astuti menjelaskan, 3M plus adalah tindakan untuk memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk demam berdarah.

Selanjutnya, ia menekankan kepada masyarakat Pamekasan, agar mengutamakan 3M Plus dalam mencegah DBD, mengingat  pengasapan atau fogging hanya dilakukan apabila di lokasi ditemukan 3 kasus positif demam berdarah dengan radius 100 meter atau 40 rumah dan apabila daerah tersebut ditemukan banyak jentik nyamuk demam berdarah.

Sementara, untuk menghilangkan nyamuk yaitu dengan cara menguras tempat-tempat penampungan air, menutup rapat semua tempat penampungan air dan mengubur semua barang-barang bekas yang ada di sekitar atau di luar rumah yang dapat menampung air hujan.

Kemudian untuk plusnya Lanjut Astuti, adalah menaburkan bubuk abate 2 sampai 3 bulan sekali di tempat air yang sulit dikuras atau sulit air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk, memakai obat nyamuk gosok, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi serta tidak membiasakan menggantung pakaian di dalam kamar.

“Kami akan sosialisasi dengan lintas sektor, agar mengedepankan PSN 3M Plus, karena dengan cara itu Insya Allah jentik-jentik akan mati, tidak sampai menjadi nyamuk dewasa,” ucapnya.

Pewarta: Soleh
Editor :Faruk

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here