News Persarikatan

SEMARAKKAN BULAN BAHASA, PBSI UM PURWOREJO GELAR MALAM APRESIASI SASTRA

Redaksi Suryamu | Rabu, 08 November 2017 - 11:18:56 WIB | dibaca: 150 pembaca

SuryaMU.Com, Purworejo –  Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa yang jatuh pada Bulan Oktober setiap tahunnya, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Malam Apresiasi Sastra pada Jumat-Sabtu (27-28/10) di Auditorium Kasman Singodimedjo Universitas Muhammadiyah Purworejo. Disampaikan Raisa Andria Anjang Desty selaku Ketua Panitia bahwasanya semarak malam apresiasi sastra ini dimaksudkan agar mahasiswa lebih mencintai sastra, menambah pengetahuan dan pengalaman mengenai sastra.

“Diselenggarakan untuk membangun kembali rasa cinta pada sastra, meningkatkan minat akan sastra itu sendiri. Terutama terhadap sastra kita sendiri milik bangsa Indonesia,”ungkapnya.


Agenda yang mengangkat tema Lestarikan Budaya dan Terus Berprestasi melalui Bahasa dan Sastra ini tidak hanya dikhususkan bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia perwakilan seluruh angkatan saja tetapi juga diikuti oleh perwakilan Himpunan Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa dan Organisasi Otonom di lingkungan Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan total 26 penampilan. Serta disaksikan ratusan mahasiswa yang memadati auditorium tersebut.

Ditambahkan Suryadana Santoso, M.Pd. Dosen perwakilan program studi dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi aggenda mengapresiasi dengan terselenggaranya malam apresiasi yang turut melibatkan berbagai lintas progam studi ini. “Mari kita lestarikan budaya bangsa sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap bangsa negara ini. Karena sebagai salah satu alat pemersat, maka penggunaan bahasa Indonesia sangat penting,”ujarnya.


Adapun performance dengan variasi inovasi dan kreasi masing-masing organisasi ditampilkan berbagai macam bentuk seperti dramatikalisasi, teatrikal puisi, musikalisasi puisi, drama, puisi berantai, drama islami, drama musikal, mendongeng dan monolog.

“Harapan kami minat akan sastra dapat meningkat, membangun generasi yang mencintai karya-karya sastra, mencintai budaya sendiri serta mencintai Indonesia,”pungkas Raisa.

Dengan masing-masing penampilan tersebut diberikan kenang-kenangan bagi peserta penampil selain Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, diberikan apresiasi bagi beberapa yang menampilkan terbaik dan pemberian tanda terima kasih untuk dosen.  Untuk penghargaan tersebut disampaikan kepada Mahasiswa PBSI Sem. 3 B sebagai Juara 1 dengan penampilan Mendongeng, Mahasiswa PBSI Sem. 5 A & D dengan penampilan Drama Perjuangan sebagai Juara 2 dan Mahasiswa PBSI Sem. 1 A  dengan penampilan Teatrikal Puisinya sebagai Juara 3.

“Kami ucapkan terima kasih kepada PBSI telah mewadahi kami untuk berapresiasi menyalurkan inspirasi dan kreasi kami. Luar biasa sangat boombastik kreatif juga penuh makna berbahasa. Harapannya ke depan lebih meriah dengan memunculkan ide gagasan baru dengan melibatkan organisasi yang lebih banyak lagi dan terbuka untuk umum,”ungkap Tiwibowo Mahasiswa PBSI Sem. 5 C UM Purworejo saat ditemui dari PurworejoMu.com. (AKHMAD MUSDANI)

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)