News Politik

Aksi Jalan Sehat Spirit 212 GNPF MUI Terancam Batal

Redaksi Suryamu | Selasa, 07 Februari 2017 - 11:02:58 WIB | dibaca: 1334 pembaca

SURYAMU.COM ,  JAKARTA - Aksi Jalan Sehat Spirit 212 terancam batal dilaksanakan, pasalnya Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto melarang aktifitas pengerahan massa diruang publik pada momen minggu tetang menjelang pilkada DKI. Wiranto mengimbau semua pihak menjaga ketertiban di masa tenang Pemilihan Kepala Daerah serentak 2017. Masa tenang itu terhitung sejak hari terakhir kampanye hingga hari pencoblosan pada 15 Februari 2017 nanti. Dia  meminta tak ada pengerahan massa yang berpotensi mengganggu keamanan. "Yang pasti dalam minggu tenang tak diizinkan pengerahan massa di ruang publik. Kalau dilakukan akan ditindak tegas," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin, 6 Februari 2017.

Menurut dia, sudah ada aturan dari penyelenggara pilkada, yaitu Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu soal larangan pengerahan massa. "KPU Bawaslu akan beri arahan, soal mana yang dilarang dan tak dilarang (dalam masa tenang)."

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengharapkan hal serupa. Dia  juga merespons munculnya isu rencana aksi 11 Februari (112) di Jakarta. Tanggal tersebut adalah hari terakhir kampanye.

"Namanya minggu tenang, ya harus tenang, walaupun (aksi) itu tak terkait ketiga pasangan calon," kata Tjahjo usai rapat terbatas di kantor Wiranto. 

Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal M. Iriawan sebelumnya mengaku telah mendengar rencana aksi 112. Namun ia menegaskan belum ada pemberitahuan resmi ataupun surat izin aksi yang masuk Polda Metro Jaya. Ia  meminta aksi ini diurungkan.
"Kami harapkan tidak ada unjuk rasa dan aksi turun ke jalan, sehingga nantinya dalam minggu tenang kami bisa membersihkan semua alat peraga yang ada di jalan," ucapnya di Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Forum Umat Islam (FUI) dan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) akan mengadakan kegiatan jalan sehat spirit 212. Acara ini rencananya akan di adakan pada tanggal 11 Februari 2017 pukul 07:00 WIB, seperti yang di informasikan .melalui akun resmi instagram GNPF MUI bela quran.

Dalam keterangan akun tersebut akan melakukan jalan sehat spirit 212 dengan melakukan longmarch dari Monumen Nasionl menuju bundaran Hotel Indonesia. Beberapa tokoh GNPF MUI dan FUI akan hadir dalam acara ini.

Rencana ini pun mendapat sambutan dari masyarakat, yang ingin mengulang sukses aksi damai 411 dan 212. akankah aksi 112 tetap berlangsung ataukah dibatalkan? 

 

(MTY/Red)










Komentar Via Website : 6
semenax
28 Oktober 2017 - 07:54:50 WIB
Radit
30 Oktober 2017 - 15:37:32 WIB
infonya sungguh menatik http://ow.ly/GlYa30gde2Q
Speaker Aktif Terbaik
04 Desember 2017 - 16:58:34 WIB
Speaker Aktif Terbaik
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)