Hamid Sekretaris PDPM Pamekasan.
Penulis:Hamid Sekretaris PDPM Pamekasan.

Persyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan memiliki beberapa amal usaha, seperti adanya Klinik Utama Siti Aisyah, yang terletak di Jl. KH Amin Jakfar V/7 Pamekasan.

Bidang Pendidikan ada SMAM, SMPM, MIM, SD PLUS, TK dan PAUD, disamoing itu juga memiliki bidang sosial sepeti Panti Asuhan Muhamadiya yang saat ini berjumlah 4 Panti.

Alhamdulillah sejarah mencatat, bahwa semua amal usaha sangat banyak berkontribusi dan mensupport kegiatan Muhammadiyah beserta omtonya. Bidang Kesehatan serta majlis yang lain semoga terus istiqomah dalam melangsungkan dahwah muhammadiyah.

Kami semua harus berkomitmen akan terus mencerahkan dan mencerahkan ummat dengan selalu meningkatkan kemajuan amal usaha yang ada.

Semua amal usaha harus saling bersenergi demi mewujudkan tujuan dakwah muhammadiyah, diantaranya kita harus menyakini manakala seluruh pimpinan daerah Muhammadiyah, Ortom dan Aum bersenergi demi mewujudkan masyarakat islam yang sebenar benarnya.

Setiap amal usaha Muhamamdiyah selalu memiliki unsur dahwa yang membawa misi Islam yang sebenar-benarnya sehingga terbentuk masyarakat islam sesuai dengan kaidah Al Quran dan As Sunnah.

Mengingat sejarah singkat perjalanan berdirinya klinik Utama Siti Aisyah, Pada tahun 1974 berdirilah amal usaha Muhammadiyah Kabupaten Pamekasan dengan nama Balai pengobatan ibu dan anak (BKIA). Pada tahun 2001 brubah nama menjadi Balai Pengobatan Rumah Bersalin (BPRB), seiriring berjalannya waktu Pada tahun 2004 statusnya lebih baik lagi menjadi klinik Pratama Siti Aisyah dan Alhamdulillah pada tahun 2017 kemaren sudah menjadi klinik utama Siti Aisyah.

Proses ini merupakan proses yang panjang, dan tentunya tidak mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan yang besar. Harapannya kedepan pada tahun 2020, mari kita bersenergi demi kemajuan amal usaha muhammadiyah yang merupakan urat nadi dari dakwah persyaritakan, kita saling mendukung dan berdoa supaya proses peralihan status dari Klinik Utama menjadi Rumah sakit ibu dan anak Siti Aisyah (RSIA) bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan seluruh warga muhammadiyah Kabupaten Pamekasan.

Maka dari itu kedepan harus lebih semangat dalam mendukung proses peralihan status ke RSIA ini, agar segara resmi menjadi Rumah sakit Ibu dan Anak (RSIA). Karena kemajuan amal usaha juga menjadi faktor utama dalam kemandirian dakwah persyaritan di kabupaten gerbang salam ini.

Untuk memperkuat jejaring ideologis AUM Kesehatan Muhammadiyah, semuanya harus berupaya untuk memediasi kerjasama lintas amal usaha, ortom serta lembaga. agar kemajuan aum lebih baik kedepannya, dengan adanya senegi kita mampu meujudkan cita-cita persyarikatan, khususnya di kabupaten pamekasan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here